Pengaruh Penerapan Teori Belajar Van Hiele Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Luas Persegi dan Persegi Panjang Siswa Kelas III SDN Sumbersari 01 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Dilaksanakan di SDN Sumbersari 01 Jember. Responden pada penelitian ini berjumlah 77 siswa yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas IIIA berjumlah 39 siswa sebagai kelas kontrol tanpa menggunakan teori belajar van Hiele dan kelas IIIB berjumlah 38 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan penerapan teori belajar Van Hiele. Hasil perhitungan menggunakan SPSS mendapatkan harga t0 = 0,093, selanjutnya harga dikonsultasikan dengan harga diketahui dbd = 75, pada taraf signifikansi 5% sehingga nilai = 1,995 dengan demikian tidak ada perbedaan mean yang signifikan antara kelas IIIA dan IIIB, menunjukkan tingkat kemampuan awal siswa adalah homogen dan perhitungan menggunakan program SPSS maka diperoleh nilai rata-rata beda pre-test dan post-test pada kelas eksperimen () sebesar 46,7105. Nilai rata-rata beda pre-test dan post-test pada kelas kontrol () sebesar 24,61538. Hasil perhitungan dengan menggunakan program SPSS diperoleh to = 7,672 harga ini kemudian dikonsultasikan dengan dengan db = 75, pada taraf signifikansi 5% sehingga memperoleh t tabel = 1,995. Berdasarkan analisis tersebut diperoleh > yaitu 7,672 > 1,995, dengan demikian hipotesis nihil () ditolak dan hipotesis alternatif () diterima. Jadi terdapat pengaruh antara penerapan teori belajar van Hiele terhadap hasil belajar pokok bahasan luas persegi dan persegi panjang siswa kelas III SDN Sumbersari 01 Jember tahun pelajaran 2014/2015.
Collections
- SRA-Education [1352]