Kecerdasan Visual Spasial dan Logis Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 10 Jember
Abstract
ujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kecerdasan visual spasial dan kecerdasan logis matematis dalam menyelesaikan masalah geometri siswa kelas VIII A SMP Negeri 10 Jember. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 35 orang. Analisis data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Data yang dianalisis pada penelitian ini adalah lembar kerja siswa dan hasil wawancara. Karakteristik kecerdasan visual spasial ada 4 meliputi pengimajinasian, pengkonsepan, penyelesaian masalah, dan pencarian pola. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VIII A yang mampu memenuhi empat karakteristik kecerdasan visual spasial dalam menyelesaikan masalah geometri sebanyak 5 orang. Selain ke-5 siswa yang dapat memenuhi 4 karakteristik kecerdasan visual spasial, terdapat 9, 13, dan 5 siswa yang berturut-turut memenuhi 3, 2, dan 1 karakteristik kecerdasan visual spasial, serta 3 siswa yang tidak mampu memenuhi semua karakteristik kecerdasan visual spasial. Karakteristik kecerdasan logis matematis ada 6 meliputi klasifikasi, membandingkan, operasi hitung matematika, penalaran induktif, membentuk hipotesis dan mengecek kembali. Siswa kelas VIII A yang mampu memenuhi enam karakteristik kecerdasan logis matematis dalam menyelesaikan masalah geometri sebayak 6 orang. Selain ke-6 siswa yang dapat memenuhi 6 karakteristik kecerdasan logis matematis, terdapat 12, 2, 1, 3, dan 8 siswa yang berturut-turut memenuhi 5, 4, 3, 2, dan 1 karakteristik kecerdasan logis matematis, serta 3 siswa yang tidak mampu memenuhi semua karakteristik kecerdasan logis matematis.
Collections
- SRA-Education [1352]