ANALISIS PERKEMBANGAN PRODUKSI INDUSTRI KERAJINAN BATIK KHAS BANYUWANGI DI DESA TAMPO KECAMATAN CLURING KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN 2010-2014
View/ Open
Date
2015Author
Triana Anjarwati
Bambang Suyadi
Sutrisno Djaja
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan untuk mengetahui perkembangan batik khas Banyuwangi. Penelitian ini dilakukan di Desa Tampo Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan produksi batik khas Banyuwangi pada tahun 2010 sampai 2014 di industri kerajinan Virdes Batik Collection. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian menggunakan purposiv area, yaitu bertempat di Virdes Batik Collection. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan motode dokumen, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah produksi batik cap dan tulis dengan kain primisima dan prima di Virdes Batik Collection mengalami peningkatan dan penurunan dari tahun ke tahun. Penurunan jumlah produksi batik tulis dan batik cap terjadi pada tahun 2011 dan pada tahun 2012 hingga tahun 2014 produksi mengalami peningkatan. Perkembangan produksi dicari menggunakan analisis persentase perkembangan dan analisis trend. Perkembangan produksi yang cukup baik ada di batik cap pada tahun 2013 dengan jumlah persentase sebesar 47.93%. Trend produksi batik cap dan tulis di Virdes Batik Collection mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Jumlah trend produksi batik tulis sebesar 364.21 pada tahun 2010 dan terus meningkat hingga mencapai 450.29. Sedangkan untuk trend produksi batik cap pada tahun 2010 sebesar 19320.88 dan terus meningkat pada tahun 2014 mencapai 38925.12. Peningkatan dan penurunan jumlah produksi batik tulis dan batik cap yang paling utama disebabkan oleh permintaan konsumen. Perusahaan menurunkan jumlah produksi karena stok di gallery masih banyak. Selain itu, adanya pesaing baru yang muncul di desa tersebut juga berdampak pada penurunan hasil produksi.
Collections
- SRA-Education [1352]