Show simple item record

dc.contributor.authorHADI, Tita Amelia
dc.contributor.authorHADI, Tita Amelia
dc.contributor.authorWALUYO, Joko
dc.contributor.authorSURATNO
dc.date.accessioned2015-10-08T00:47:53Z
dc.date.available2015-10-08T00:47:53Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64137
dc.description.abstractAkhir-akhir ini pendidikan di indonesia konsisten berada di peringkat bawah dalam beberapa riset internasional. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan meningkatkan kemampuan siswa dalam mengatur pola pikir dan belajarnya. Keterampilan metakognisi diharapkan bisa meningkatkan kemampuan kognisi siswa. Salah satu model yang sesuai dengan penerapan keterampilan metakognisi adalah model KUASAI karena salah satu prinsip dasar dari model ini adalah belajar bagaimana belajar (Learning how to learn) dan belajar bagaimana berpikir (learning how to think). Penelitian in bertujuan untuk mengetahui pengaruh model KUASAI terhadap keterampilan metakognisi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimntal semu dengan pre-test and post-test non equivalent design.. Sample dibagi menjadi dua kelompok perlakuan, kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran KUASAI. Penenlitian ini terdiri dari dua pertemuan pada masing-masing kelas dan data dianalisis menggunakan ANAKOVA untuk keterampilan metakognisi dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa nilai signifikansi adalah sebesar 0,000 pada keterampilan metakognisi siswa secara keseluruhan, tetapi analisis terhadap 5 indikator keterampilan menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,019, hal ini berarti tidak terdapat perbedaan antara kelas control dan kelas eksperimen pada indicator pertama keterampilan metakognisi, namun pada 4 indikator lain mencapai taraf signifikansi. Model KUASAI juga menunjukkan taraf signifikansi sebesar 0,046 terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan penenelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran KUASAI berpengaruh terhadap keterampilan metakognisi siswa dan hasil belajar siswa.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectMODEL KUASAIen_US
dc.subjectMETAKOGNISIen_US
dc.subjectKETERAMPILAN METAKOGNISIen_US
dc.subjectHASIL BELAJAR SISWAen_US
dc.titlePengaruh Implementasi Model Pembelajaran KUASAI Terhadap Keterampilan Metakognisi dan Hasil Belajar Siswaen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record