• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Program Pendidikan Baca Tulis Al-Qur’an Terhadap Peningkatan Kualitas Anak di Yayasan Yatim Piatu Ar-Rahmah Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    SUROTO.pdf (251.0Kb)
    Date
    2014
    Author
    Suroto
    Hendra Wijaya
    Deditiani Tri Indrianti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kualitas sumber daya manusia ini menyangkut dua aspek, yakni aspek fisik dan aspek nonfisik yang menyangkut kemampuan bekerja, berpikir, dan keterampilan lain. Oleh sebab itu, upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia ini juga dapat diarahkan kepada kedua aspek tersebut. Pembinaan anak melalui program pendidikan baca tulis Al-Qur’an adalah salah satu cara untuk membekali anak mampu mengembangkan potensi yang ada pada dirinya sekaligus mampu menjadi manusia yang berkualitas. Peneliti tertarik untuk meneliti dan memahami lebih lanjut Pengaruh program pendidikan  baca tulis Al-Qur’an terhadap Peningkatan kualitas anak, jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan korelasi product moment, sedangkan penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive sampling area kemudian peneliti menetapkan bahwa lokasi yang dijadikan tempat sebagai penelitian adalah Yayasan yatim piatu Ar-Rahmah Kecamatan Sumbersari  Kabupaten Jember. Data primer didapat dari wawancara dengan informan kunci dan informan pendukung, dan hasil pengamatan dilapangan dan data sekunder didapat dari dokumen dan kepustakaan. Penentuan informan menggunakan purposive sampling area adalah metode yang dilakukan dengan cara mengambil subjek dengan adanya tujuan tertentu, sedangkan informan pendukung adalah Kepala dan Tutor  Yayasan yatim piatu Ar-Rahmah. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data dengan menggunakan angket, observasi, dokumentasi. Temuan dalam peneliatian ini menunjukkan bahwa pengaruh program pendidikan baca tulis Al-Qur’an sangat berperan dalam Peningkatan Kualitas anak sehingga berdampak pada bertambahnya pengetahuan dan meningkatnya keterampilan anak asuh, oleh karena itu pembinaan Pengaruh program baca tulis Al-Qur’an diharapkan dapat berlanjut secara terus menerus hingga mencapai hasil yang lebih optimal dengan tujuan agar dapat menghasilkan generasi penerus bangsa yang cerdas. Berdasarkan análisis data dapat disimpulkan bahwasannya Tutor dalam program pendidikan ini terlihat jelas sangat berperan dalam peningkatan kualitas anak. Saran yang dapat peneliti berikan yaitu yang pertama adalah bagi tutor, hendaknya dapat lebih berperan dalam memotivasi dan membimbing anak asuh agar mampu mendorong anak asuh dalam meningkatkan keterampilannya. Yang kedua bagi anak asuh, hendaknya lebih meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang sudah dimiliki. Yang terakhir bagi Yayasan yatim piatu Ar-Rahmah Kabupaten Jember hendaknya lebih giat lagi dalam meningkatkan program pendidikan  yang ada di yayasan tersebut agar masyarakat dapat mengetahui betapa pentingnya pendidikan bagi pengembangan sumber daya manusia.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64123
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository