• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Mengidentifikasi Sifat-Sifat Benda Mata Pelajaran IPA Kelas III SDN Sumberlesung 02 Ledokombo Jember Tahun Pelajaran 2014/2015

    Thumbnail
    View/Open
    SRI WAHYUNI.pdf (251.4Kb)
    Date
    2015
    Author
    WAHYUNI, SRI
    MUHTADI, IRVAN
    NURIMAH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran IPA diharapkan menjadi wahana bagi siswa untuk mempelajari diri-sendiri dan alam sekitar. Proses pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar memahami alam sekitar secara ilmiah. Metode eksperimen merupakan contoh metode yang sesuai dengan pembelajaran IPA karena mampu memberikan kondisi belajar yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir dan kreativitas secara optimal. Siswa diberi kesempatan untuk menyusun sendiri konsep-konsep dalam struktur kognitifnya, selanjutnya dapat diaplikasikan dalam kehidupannya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penerapan metode eksperimen terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Sumberlesung 02 Ledokombo Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan jumlah 27 siswa kelas III SDN Sumberlesung 02 Ledokombo Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Skor tes siswa berupa nilai hasil dokumentasi nilai ulangan harian dan nilai tes akhir tiap siklus yang dianalisis dengan menggunakan rumus aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil analisis dengan rumus aktivitas siswa diperoleh persentase sebesar 65,1% pada siklus I dan 79% pada siklus II. Skor hasil belajar siswa diperoleh 61,4 pada siklus I dan 73,3 pada siklus II. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada aktivitas dan belajar siswa. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan belajar siswa pada penerapan metode eksperimen terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Sumberlesung 02 Ledokombo Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64116
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository