• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV

    Thumbnail
    View/Open
    SITI MAIMUNAH.pdf (249.3Kb)
    Date
    2014
    Author
    MAIMUNAH, Siti
    RAHAYU
    FITRIYAH, Chumi Zahroul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Pangkemiri 1 Sidoarjo pada mata pelajaran IPS. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimanakah peningkatan motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS pokok bahasan koperasi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) di SDN Pangkemiri 1 Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS pokok bahasan koperasi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) di SDN Pangkemiri 1 Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Penelitian dilakukan di SDN Pangkemiri 1 Sidoarjo. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Pangkemiri 1 Sidoarjo yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, angkat, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) skor rata-rata motivasi belajar siswa secara klasikal meningkat menjadi 70,96 pada siklus I dan pada siklus II 82,84. Demikian juga dengan skor rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal meningkat menjadi 69,68 pada siklus I dan pada siklus II 82,24.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64101
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository