Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar dalam Pelajaran PKn Pokok Bahasan Keputusan Bersama melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Pada Siswa Kelas V Semester Genap di SDN Kemuningsari Kidul 01 Jember Tahun Pelajaran 2013/2014
Abstract
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) merupakan mata pelajaran yang bertujuan untuk membentuk pribadi menjadi warga negara yang baik melalui proses pembelajaran di sekolah. Namun, pelajaran PKn masih dianggap pelajaran yang sulit dan membosankan bagi siswa. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran yang kurang menarik dan guru masih belum menggunakan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan seluruh siswa kelas V dalam pembelajaran PKn di SDN Kemuningsari Kidul 01 Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember sehingga menyebabkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas. Oleh karena itu dilakukan penelitian tindakan kelas dengan siswa kelas V sebagai subjek penelitiannya. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V dalam pembelajaran PKn pokok bahasan keputusan bersama melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS). Pada siklus I, Skor aktivitas siswa secara klasikal sebesar 55,68 yang tergolong cukup aktif dan pada siklus II meningkat menjadi 87, 68 yang tergolong sangat aktif. Skor hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 68,08 yang tergolong cukup naik dan pada siklus II meningkat menjadi 75,12 yang tergolong baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn pokok bahasan keputusan bersama pada siswa kelas V di SDN Kemuningsari Kidul 01 Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember.
Collections
- SRA-Education [1352]