• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK

    Thumbnail
    View/Open
    SITI JAZILAH.pdf (272.8Kb)
    Date
    2014
    Author
    Siti Jazilah
    Suranto
    Nurul Umamah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kurikulum 2013 menuntut adanya perubahan pada paradigma pembelajaran. Perubahan yang dimaksud adalah lebih menekankan pada upaya melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran terutama dalam kegiatan pembelajaran yang berorientasi pada penemuan dan pencarian (Uno, 2011: 30). Kenyataan yang terjadi dilapangan menunjukkan bahwa pendidik masih menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi sehingga peserta didik tidak mampu mengkonstruksi sendiri pengetahuannya, peserta didik hanya mendengarkan penjelasan dari pendidik dan tidak bertanya ketika diberi kesempatan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dapat dipecahkan dengan menerapkan model pembelajaran Tutor Sebaya. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kreativitas dan hasil belajar sejarah dengan menerapkan model pembelajaran Tutor Sebaya pada peserta didik kelas XI IPS 2 SMAN 1 Srono. Pelaksanaan penelitian dimulai dari bulan Agustus sampai bulan September 2014. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Kreativitas peserta didik secara klasikal pada siklus 1 memperoleh 61,33%, pada siklus 2 meningkat 17,65% menjadi 72,16%, pada siklus 3 meningkat 7,16% menjadi 77,33%. Pada siklus 1 hasil belajar kognitif memperoleh persentase sebesar 63,33%, pada siklus 2 meningkat 21,05% menjadi 76,66% pada siklus 3 meningkat 8,69% menjadi 83,33%. Berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Tutor Sebaya dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar sejarah peserta didik kelas XI IPS 2 SMAN 1 Srono.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64096
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository