KORELASI ANTARA PEMBELAJARAN TEMATIK
View/ Open
Date
2015Author
Silvi Liya Kurniawati
AT.Hendrawijaya
Niswatul Imsiyah
Metadata
Show full item recordAbstract
Abstrak
Masa usia dini ini merupakan masa usia keemasan (golden age) yang tidak bisa diulang untuk kedua kalinya. Untuk mengembangkan perkembangan anak usia dini dibutuhkan metode pembelajaran di PAUD. Salah satunya adalah metode pembelajaran tematik yang dapat mengembangkan berbagai aspek perkembangan secara menyeluruh atau satu-kesatuan. Namun, yang perlu diketahui adalah adakah korelasi antara pembelajaran tematik dengan perkembangan kognitif anak sehingga perlu dilakukan penelitian yang bertujuan mengetahui korelasi antara pembelajaran tematik dengan perkembangan kognitif anak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif, sedangkan analisis data yaitu korelasi tata jenjang di mana data yang akan diperoleh melalui teknik observasi, dokumentasi dan kepustakaan. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada korelasi antara pembelajaran tematik dengan perkembangan kognitif anak di PAUD Al-Hidayah Kabupaten Bondowoso. Sehingga, jika peserta didik dapat memahami pembelajaran tematik dengan baik, maka perkembangan kognitifnya juga akan baik. Namun, jika peserta didik kurang memahami pembelajaran tematik, maka perkembangan kognitifnya juga akan kurang baik. Jadi, disarankan agar pendidik lebih berinovasi dalam membuat metode pembelajaran yang lebih menarik, dan perlu adanya koordinasi yang baik dengan orang tua.
Collections
- SRA-Education [1352]