Pengaruh Penggunaan Teknik Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Bumi dan Langit Siswa Kelas IV SDN
Abstract
Teknik mind mapping merupakan teknik untuk meringkas bahan yang sudah dipelajari dalam bentuk pemetaan pikiran yang melibatkan otak kiri dan kanan. Teknik mind mapping menggunakan teknik grafis yang berasal dari pemikiran dan pengalaman belajar siswa sehingga catatan yang dihasilkan menjadi menarik, bermakna, serta memberi gambaran yang jelas pada keseluruhan dan perincian. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik mind mapping terhadap hasil belajar pokok bahasan bumi dan langit siswa kelas IV SDN Sumbersari 03 Jember tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas IVA dan IVB SDN Sumbersari 03 Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Skor tes siswa berupa nilai hasil pre-test dan post test yang dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil analisis dengan rumus uji-t diperoleh = 7,380 dengan keefektifan relatif sebesar 89,69%. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa ttest > ttabel (7,380> 1,665), dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi siswa kelas IV SDN Sumbersari 03 Jember tahun pelajaran 2014/2015 yang diajar menggunakan teknik mind mapping mencapai hasil belajar IPA yang lebih baik daripada yang diajar tanpa menggunakan teknik mind mapping diterima. Berdasarkan penjelasan di atas dapat simpulkan bahwa siswa kelas IV SDN Sumbersari 03 Jember tahun pelajaran 2014/2015 yang diajar menggunakan teknik mind mapping mencapai hasil belajar IPA yang lebih baik daripada yang diajar tanpa menggunakan teknik mind mapping.
Collections
- SRA-Education [1352]