dc.description.abstract | Kemampuan menulis teks berita merupakan kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa. Kenyataan yang ada di SMPN 1 Candipuro berdasarkan hasil observasi di kelas VIIIA siswa kesulitan dalam menulis teks berita. Hal tersebut ditunjukkan dari siswa belum mampu menulis teks berita secara lengkap dengan memenuhi unsur-unsur 5W+1H. Nilai rata-rata siswa 70 dan nilai terendah yang diperoleh siswa adalah 50. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dipilih pendekatan saintifik dengan teknik mind mapping. Penerapan pendekatan saintifik dengan teknik mind mapping digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIIIA SMPN 1 Candipuro. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) penerapan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Metode yang digunakan untuk memperoleh data yakni wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks berita meningkat dari siklus I ke siklus II. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya hasil belajar secara klasikal dari 78,29 pada siklus I menjadi 85,76 pada siklus II. Jumlah siswa yang dapat mencapai KKM pada siklus I sebanyak 67% atau sebanyak 23 siswa. Pada siklus II, jumlah siswa yang dapat mencapai KKM sebanyak 91% atau sebanyak 31 siswa.Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dengan teknik mind mapping dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks berita. | en_US |