dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui aktivitas guru dalam
menggunakan metode penemuan. (2) Mengetahui aktivitas siswa ketika guru
menggunakan metode penemuan (3) Mengetahui hasil belajar siwa dengan
diterapkannya metode penemuan.
Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini diharapkan memberi manfaat bagi:
(1) Siswa, dengan menggunakan Metode Penemuan ini diharapkan mampu untuk
mengembangkan pikiran, sikap dalam bertindak sehingga dapat meningkatkan
interaksi dan hasil belajar matematika. (2) Guru, sebagai bahan pertimbangan dalam
menentukan metode pembelajaran yang dapat memberikan manfaat bagi siswa.(3)
peneliti, penelitian ini memberi pengalaman dan bekal mengembangkan pembelajaran
matematika. (4) Lembaga, dapat memberikan sumbangan dalam upaya peningkatan
mutu pendidikan di SDN Badean 02 Bangsalsari.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak
dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: planning (rencana), action
(tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Sasaran penelitian ini
adalah siswa Kelas IV SDN Badean 02 Bangsalsari. Data yang diperoleh berupa hasil
tes formatif, lembar observasi aktivitas guru dan siswa kegiatan pembelajaran.
Dari hasil analis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami
peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (63,64%), siklus II (87,88%).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran penemuan
berdampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV SDN Badean 02
Bangsalsari, serta pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif
pembelajaran matematika. | en_US |