• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Pendekatan Paikem untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Pelajaran Ips Pokok Bahasan Masalah Sosial di SDN Kidul 04 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    ROSSITA DEWI PERMATA.pdf (258.9Kb)
    Date
    2015
    Author
    PERMATA, Rossita Dewi
    RAHAYU
    FITRIYAH, Chumi Zahroul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Latar belakang penelitian ini adalah motivasi yang tergolong kriteria cukup dan hasil belajar siswa yang tergolong kriteria rendah kelas IV A di SDN Jember Kidul 04 Jember pada pelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pendekatan PAIKEM dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas IV A pada mata pelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial di SDN Jember Kidul 04 Jember semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas IV A melalui penerapan pendekatan PAIKEM pada mata pelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial di SDN Jember Kidul 04 Jember semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan di SDN Jember Kidul 04 Jember. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A SDN Jember Kidul 04 Jember yang berjumlah 47 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, angket, dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa melalui penerapan pendekatan PAIKEM, skor rata-rata motivasi belajar siswa secara klasikal sebesar 47,68 tergolong kriteria cukup pada pra siklus. Skor rata-rata motivasi belajar siswa secara klasikal meningkat menjadi 74,89 tergolong kriteria tinggi pada siklus I dan pada siklus II 83,75 tergolong kriteria sangat tinggi. Demikian juga skor rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 52,85 tergolong kriteria kurang pada pra siklus. Skor rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal meningkat menjadi 68,68 tergolong kriteria cukup pada siklus I dan pada siklus II 81,21 tergolong kriteria sangat baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64063
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository