Penerapan Pendekatan Paikem untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Pelajaran Ips Pokok Bahasan Masalah Sosial di SDN Kidul 04 Jember
View/ Open
Date
2015Author
PERMATA, Rossita Dewi
RAHAYU
FITRIYAH, Chumi Zahroul
Metadata
Show full item recordAbstract
Latar belakang penelitian ini adalah motivasi yang tergolong kriteria cukup dan hasil belajar siswa yang tergolong kriteria rendah kelas IV A di SDN Jember Kidul 04 Jember pada pelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pendekatan PAIKEM dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas IV A pada mata pelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial di SDN Jember Kidul 04 Jember semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas IV A melalui penerapan pendekatan PAIKEM pada mata pelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial di SDN Jember Kidul 04 Jember semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan di SDN Jember Kidul 04 Jember. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A SDN Jember Kidul 04 Jember yang berjumlah 47 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, angket, dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa melalui penerapan pendekatan PAIKEM, skor rata-rata motivasi belajar siswa secara klasikal sebesar 47,68 tergolong kriteria cukup pada pra siklus. Skor rata-rata motivasi belajar siswa secara klasikal meningkat menjadi 74,89 tergolong kriteria tinggi pada siklus I dan pada siklus II 83,75 tergolong kriteria sangat tinggi. Demikian juga skor rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 52,85 tergolong kriteria kurang pada pra siklus. Skor rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal meningkat menjadi 68,68 tergolong kriteria cukup pada siklus I dan pada siklus II 81,21 tergolong kriteria sangat baik.
Collections
- SRA-Education [1352]