dc.description.abstract | Penerapan metode pembelajaran merupakan salah satu faktor yang menyebabkan aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa karena kurang bervariasinya metode pembelajaran dari guru. Oleh karena itu dipilih metode pembelajaran inkuiri terbimbing untuk melatih siswa dalam mencari tahu sendiri segala informasi untuk menemukan suatu konsep dari pengalaman belajar serta dapat melatih siswa untuk berpikir tingkat tinggi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dengan prosedur penelitian pada setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Rogotrunan 01 Lumajang dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas VA yang berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan persentase rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 60,71% dan pada siklus II sebesar 88,75% dengan peningkatan sebesar 28,04%. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 73,2 dan pada siklus II sebesar 82,23 dengan peningkatan sebesar 9,03. Berdasarkan uraian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing pada pokok bahasan pesawat sederhana dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA SDN Rogotrunan 01 Lumajang. | en_US |