• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Pokok Bahasan Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Siswa Kelas IV SDN Kepatihan 06 Jember

    No Thumbnail [100%x80]
    View/Open
    RIZZA AMRULLOH.pdf (254.1Kb)
    Date
    2014
    Author
    Rizza Amrulloh
    Titik Sugiarti
    Misno A. Latief
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kurang optimalnya pembelajaran Matematika di SD disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah penggunaan model dan media pembelajaran yang belum mampu menjadi jembatan penghubung antara materi Matematika yang abstrak dengan tingkatan berpikir siswa yang masih berada pada tingkat operasi konkret. Selain itu model dan media yang digunakan juga belum mampu menumbuhkan aktivitas belajar dan meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu upaya untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan model dan media yang tepat serta sesuai dengan karakteristik siswa dan materi yang akan diajarkan. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) disertai penggunaan media kartu bertanda muatan positif dan negatif pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model skema penelitian Hopskins, menggunakan prosedur kerja yang dipandang sebagai suatu siklus dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa, persentase aktivitas siswa siklus I sebesar 72,35% dan pada siklus II sebesar 82,32%, sedangkan presentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 71,21%, dan siklus II sebesar 81,82%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64056
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    NoThumbnail