Penerapan Metode Pembelajaran Lingkungan Terbuka (Open Learning Environments) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumbersari 01 Jember dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV-b pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014 melalui metode pembelajaran lingkungan terbuka (Open Learning Environments). Permasalahan yang menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini adalah motivasi dan hasil belajar masih tergolong cukup dan kurang baik, salah satu penyebabnya karena metode pembelajaran yang kurang bervariasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 37 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, angket, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dengan menggunakan metode pembelajaran lingkungan terbuka (Open Learning Environments) selama dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV-b SDN Sumbersari 01 Jember. Pada siklus 1, motivasi belajar siswa berdasarkan hasil observasi sebesar 72,2% mengalami peningkatan sebesar 15,1% menjadi 87,3% pada siklus 2. sedangkan hasil motivasi belajar siswa melalui pengisian angket motivasi sebesar 70,9% mengalami peningkatan sebesar 14% menjadi 84,9%. Persentase hasil belajar siswa pada kualifikasi sangat baik mengalami peningkatan dari siklus 1 yaitu yang semula 72,2 menjadi 84,2 mengalami peningkatan sebesar 12. Berdasarkan penjelasan di atas dapat simpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran lingkungan terbuka (Open Learning Environments) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV-b SDN Sumbersari 01 Jember.
Collections
- SRA-Education [1352]