Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Tema Keperluan Sehari-hari Pada Siswa Kelas III Di SDN 02 Setail Genteng Banyuwangi
View/ Open
Date
2013Author
Rizki Rahmawati
M. Sulthon Masyhud
Chumi Zahroul Fitriyah
Metadata
Show full item recordAbstract
Abstrak
Penggunaan media pembelajaran dalam pengajaran mata pelajaran IPS sudah berlangsung tetapi hanya sebatas penggunaan media gambar sedangkan untuk media audio visual belum pernah digunakan. Pembelajaran IPS yang erat kaitannya dengan lingkungan alam sekitar disajikan dengan menggunakan media audio visual dalam bentuk video pembelajaran lebih menarik dan tidak membosankan. Pembelajaran IPS dengan menggunakan media audio visual mampu mempengaruhi keterampilan siswa dalam menyusun konsep pengetahuan yang mereka pelajari. Oleh karena itu dilakukan penelitian eksperimental tipe pre-test post-test control group design dengan siswa kelas III sebagai subjek penelitiannya. Pengumpulan data menggunakan metode tes yang berupa tes tulis pilihan ganda pada pre-test dan post-test. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh positif yang signifkan pada penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar tema keperluan sehari-hari pada siswa kelas III di SDN 02 Setail Genteng Banyuwangi. Penelitian dilaksanakan di kedua kelas yaitu kelas IIIA sebagai kelas kontrol dan kelas IIIB sebagai kelas eksperimen. Dari hasil uji statistik independent test menggunakan program SPSS versi 20.00 diperoleh bahwa hasil t hitung > t tabel yaitu 2,153 > 2,0105 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara nilai siswa dengan menggunakan media audio visual dibandingkan dengan nilai siswa tanpa menggunakan media audio visual.
Collections
- SRA-Education [1352]