Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Pendekatan Contextual Teaching
View/ Open
Date
2015Author
FITRIYANI, Risqa Sauma
NURIMAN
AGUSTININGSIH
Metadata
Show full item recordAbstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas IVA SDN Sumbersari 01 Jember menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa pokok bahasan energi panas dan bunyi masih rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan energi panas dan bunyi yaitu dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan CTL pada pokok bahasan energi panas dan bunyi. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pokok bahasan energi panas dan bunyi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVA dengan jumlah 41 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase keaktifan siswa secara klasikal mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata keaktifan belajar siswa secara klasikal sebesar 57,17% dan pada siklus II sebesar 64,77%, sedangkan untuk hasil belajar diperoleh rata-rata pada siklus I sebesar 68,21 dan meningkat menjadi 78,56 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada pokok bahasan energi panas dan bunyi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Collections
- SRA-Education [1352]