• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Pendekatan Contextual Teaching

    Thumbnail
    View/Open
    Risqa Sauma Fitriyani,.pdf (273.7Kb)
    Date
    2015
    Author
    FITRIYANI, Risqa Sauma
    NURIMAN
    AGUSTININGSIH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas IVA SDN Sumbersari 01 Jember menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa pokok bahasan energi panas dan bunyi masih rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan energi panas dan bunyi yaitu dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Rumusan masalah pada penelitian ini adalah  bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan CTL pada pokok bahasan energi panas dan bunyi. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan  Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pokok bahasan energi panas dan bunyi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVA dengan jumlah 41 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase keaktifan siswa secara klasikal mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata keaktifan belajar siswa secara klasikal sebesar 57,17% dan pada siklus II sebesar 64,77%, sedangkan untuk hasil belajar diperoleh rata-rata pada siklus I sebesar 68,21 dan meningkat menjadi 78,56 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada pokok bahasan energi panas dan bunyi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64043
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository