Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Pendekatan Open Ended Problem Pada Siswa Kelas III SDN 4 Gambiran Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2013/2014
Date
2014Author
Risma Dessita Sulistyaning Ari
Suhartiningsih
Khutobah
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN 4 Gambiran Banyuwangi dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III dalam memberikan tanggapan melalui pendekatan open ended problem. Permasalahan yang menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berbicara siswa meliputi kurangnya penguasaan kosakata Bahasa Indosesia dan keberanian siswa, serta penggunaan metode pembelajaran yang kurang bervariasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 39 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian melalui pendekatan open ended problem selama dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas III SDN 4 Gambiran Banyuwangi. Peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas III sebesar 20,8%, yang semula pada siklus I 64,2% menjadi 85% pada siklus 2. Berdasarkan penjelasan di atas dapat simpulkan bahwa penerapan pendekatan open ended problem dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III SDN 4 Gambiran Banyuwangi.
Collections
- SRA-Education [1352]