• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Problem Based Learning dilengkapi Teknik Mind Mappung untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas XI Ips di Sma Negeri 1 Klakah Tahun Ajaran 2014-2015

    Thumbnail
    View/Open
    Rina Asih Niasari.pdf (307.0Kb)
    Date
    2015
    Author
    NIASARI, Rina Asih
    UMAMAH, Nurul
    SURANTO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran sejarah diharapkan dapat mendorong peserta didik untuk berpikir secara kreatif, kritis dan analitis, serta tepat dalam mengidentifikasi, memahami, memecahkan masalah, dan mengaplikasikan materi pembelajaran agar peserta didik dapat memaknai peristiwa sejarah yang dipelajari. Model pembelajaran Problem Based Learning dilengkapi teknik Mind Mapping merupakan model pembelajaran alternatif yang dapat memfasilitasi peserta didik untuk terlibat secara aktif serta memenuhi tuntutan pembelajaran sejarah dalam kurikulum 2013. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar sejarah dengan menggunakan model Problem Based Learning dilengkapi teknik Mind Mapping pada peserta didik kelas XI IPS 2 SMAN 1 Klakah. Pelaksanaan penelitian dimulai dari bulan Februari hingga bulan April 2015. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 2 dengan jumlah peserta didik sebanyak 28 peserta didik. Indikator yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah penerapan model Problem Based Learning dilengkapi teknik Mind Mapping, hasil belajar pada ranah kognitif dan psikomotor peserta didik kelas XI IPS 2 di SMAN 1 Klakah meningkat. Siklus 1 aspek kognitif hasil belajar peserta didik memperoleh persentase secara klasikal sebesar 74,60%, pada siklus 2 memperoleh persentase secara klasikal sebesar 76,92% sehingga meningkat sebesar 3,30% dan pada siklus 3 memperoleh 79,17 meningkat sebesar 2,92%. Pada kegiatan pra siklus aspek psikomotor tidak ada karena belum pernah dilakukan penilaian psikomotor. Pada siklus 1 aspek psikomotor memperoleh persentase klasikal sebesar 62,20%, pada siklus 2 memperoleh persentase klasikal sebesar 73,21% meningkat 16,73%, pada siklus 3 memperoleh persentase klasikal sebesar 76,48% meningkat 5,32%. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dilengkapi teknik Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar sejarah pada peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Klakah
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64021
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository