Penerapan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V di SDN Kotaanyar III Pokok Bahasan Pesawat Sederhana Tahun Pelajaran 2012/2013
View/ Open
Date
2013Author
PRASTIKA, Ika Januarta Yuli
NURIMAN
AGUSTININGSIH
Metadata
Show full item recordAbstract
Latar belakang masalah yang berhasil diidentifikasi dalam pembelajaran IPA di SDN Kotaanyar III Probolinggo adalah
guru kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar
siswa SDN Kotaanyar III Probolinggo pada mata pelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran ARIAS dengan
metode eksperimen. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian
ini adalah siswa kelas V SDN Kotaanyar III Probolinggo yang terdiri atas 28 siswa. Pengumpulan data menggunakan
metode observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Hasil penelitian ini yaitu motivasi belajar siswa dari Siklus I ke siklus
II mengalami peningkatan sebesar 25,86%, sedangkan hasil belajar siswa dari hasil observasi ke siklus I meningkat
sebesar 10%, sedangkan dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 28,5%. Melalui pembelajaran ini siswa
dapat mengalami dan menemukan sendiri jawaban atas permasalahan yang dihadapi dalam belajar dengan melakukan
percobaan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran ARIAS dengan metode
eksperimen dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN Kotaanyar III
Probolinggo.
Collections
- SRA-Education [1352]