• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Teknik Scramble Susun Paragraf Siswa Kelas IV SDN Badean 01 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Ara Akhdina.pdf (272.4Kb)
    Date
    2012
    Author
    AKHADINA, Ara
    SATRIJONO, Hari
    Suhartiningsih
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yaitu meningkatkan kemampuan siswa berkomunikasi dalam bahasa Indonesia, baik lisan (menyimak dan berbicara) maupun tulisan (menulis dan membaca).Membaca merupakan memahami isi dari bacaan, sehingga pemahaman merupakan faktor yang sangat penting dalam keterampilan membaca. Kenyataan di lapangan kegiatan membaca kurang diminati oleh siswa. Hal tersebut karena kurang adanya variasi dalam kegiatan membaca. Oleh karena itu, dilakukanlah penelitian dengan menggunakan teknik scramble susun paragraf. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Badean 01 Jember Pembelajaran bahasa Indonesia melalui teknik scramble susun paragraf digunakan untuk mengatasi permasalahan pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SDN Badean 01 Jember. Penerapan teknik scramble susun paragraf yaitu dengan memberikan bacaan yang paragrafnya telah diacak sebelumnya. Siswa diminta untuk mengurutkan dan menentukan kalimat utama serta ide pokok masing-masing paragraf. Pembelajaran ini digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SDN Badean 01 Jember. Hasil yang diperoleh diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar pada tiap siklus. Berdasarkan hasil analisa diperoleh data sebagai berikut; pada tahap prasiklus, jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 17 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 41,46%. Pada tahap siklus I, jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 22 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 53,66%. Pada tahap siklus II, jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 33 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 80,49%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63963
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository