Model Pendidikan Terpadu Pada Madrasah Aliyah Model Pondok Pesantren Zainul Hasan Kabupaten Probolinggo
View/ Open
Date
2013Author
Haris Mabruri, Ahmad
Hari Purnomo, Bambang
Sukidin
Metadata
Show full item recordAbstract
Pembahasan utama dalam penelitian ini adalah tentang model pendidikan terpadu pada Madrasah Aliyah Model
Zainul Hasan Pondok Pesantren Zainul Hasan Kabupaten Probolinggo. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami
tentang penerapan model pendidikan terpadu di Madrasah Aliyah Model Pondok Pesantren Zainul Hasan dan untuk
menjelaskan upaya-upaya peningkatan penyelenggaraan pendidikan melalui model pendidikan terpadu di Madrasah
Aliyah Model Pondok Pesantren Zainul Hasan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian
ditentukan dengan cara purposive area yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah Model Zainul Hasan. Data
dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumen. Informan dalam penelitian ini
adalah kepala madrasah, 2 guru, dan 2 orang siswa. Analisis data yang digunakan, yaitu kualitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pertama konsep penyelenggaraan pendidikan terpadu di Madrasah Aliyah Model Zainul Hasan
Probolinggo merupakan proses penerapan pendekatan penyelenggaraan pendidikan yang menekankan pada
keterpaduan pola asuh, keterpaduan materi, dan keterpaduan ranah dengan mengoptimalkan ranah kognitif, afektif,
dan psikomotorik, kedua terwujudnya sistem pendidikan terpadu yang meliputi keterpaduan pola asuh, keterpaudan
kurikulum materi ajar, dan keterpaduan ranah.
Collections
- SRA-Education [1352]