Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Siswa Kelas V SDN Jatiroto 01 Jember Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining Tahun Pelajaran 2012/2013
View/ Open
Date
2013Author
Mutiara Swastika Putri, Riska
Suhartiningsih
Satrijono, Hari
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa SDN Jatiroro 01 Jember melalui
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining. Jenis penelitian yang digunakan yaitu
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara.
Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Jatiroto 01 Jember dengan jumlah 41 siswa. Hasil dari penelitian ini, dengan
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining seluruh siswa dapat mempresentasikan
ide/gagasannya dalam sesi diskusi untuk membahas aspek-aspek yang ingin dicapai dalam indikator penilaian yang telah
ditetapkan, sehingga semua siswa dapat memahami aspek-aspek tersebut ketika tampil membacakan puisi di depan kelas
dan indikator penilaian dapat tercapai. Hasil ketuntasan membaca puisi siswa secara klasikal dari prasiklus sampai siklus
II meningkat sebesar 46%. Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa kelas V
SDN Jatiroto 01 Jember.
Collections
- SRA-Education [1352]