Kontribusi Pendidikan Karakter Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini pada POS PAUD Aster 43 Kabupaten Jember Tahun 2013
View/ Open
Date
2014Author
Putri Artiwi, Nanda
Khutobah
Tri Indrianti, Deditiani
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilakukan pada POS PAUD Aster 43 yang selalu mengajarkan dan menerapkan berbagai pendidikan
karakter yang dikaitkan dengan perkembangan sosial anak usia dini. Pendidikan karakter diberikan agar anak
dapat terbiasa berperilaku baik sehingga saat berpengaruh pada perkembangan sosialnya kelak. Adapun
permasalahannya yaitu adakah pengaruh antara pendidikan karakter terhadap perkembangan sosial anak usia dini
pada POS PAUD Aster 43 Kabupaten Jember. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh
antara pendidikan karakter terhadap perkembangan sosial anak usia dini pada POS PAUD Aster 43 Kabupaten
Jember. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pendekatan deskriptif kuantitatif. Penentuan responden
menggunakan teknik populasi yaitu 30 anak. Metode pengumpulan data menggunakan metode checklist dengan 30
anak responden, metode observasi, dan metode dokumentasi. Analisis data dihitung dengan menggunakan program
SPSS (Statistical Product and Service Solution) dan dengan menggunakan regresi linier untuk variable X dan Y
yaitu pendidikan karakter dan perkembangan sosial anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan tabel R sebesar
0,940 dan R Square sbesar 88,3% untuk N=30 dengan taraf kepercayaan 95% dan 2,722% dipengaruhi oleh
sebab-sebab yang lain. diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan serta adanya pengaruh menyatakan
Hipotesis kerja (Ha) diterima yaitu ada pengaruh antara pendidikan karakter terhadap perkembangan sosial anak
usia dini pada POS PAUD Aster 43 Kabupaten Jember tahun 2013
Collections
- SRA-Education [1352]