dc.contributor.author | Tri Rahayu, Puput | |
dc.contributor.author | Satrijono, Hari | |
dc.contributor.author | Suhartiningsih | |
dc.date.accessioned | 2015-10-05T04:51:04Z | |
dc.date.available | 2015-10-05T04:51:04Z | |
dc.date.issued | 2013 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63887 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini memaparkan unsur intrinsik yang terdapat dalam kumpulan cerpen Gimbal-gimbal Cantik karya Laksita
Judith Tabina dkk. dan pemanfaatannya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SD kelas V dan VI. Kumpulan cerpen
ini merupakan karya anak-anak SD dengan daya khayal dan keunikan masing-masing. Tujuan umum penelitian ini adalah
untuk mengapresiasi karya sastra, sedangkan tujuan khusus adalah untuk mendeskripsikan (1) unsur intrinsik dalam
kumpulan cerita pendek Gimbal-gimbal Cantik karya Laksita Judith Tabina, dkk.; (2) pemanfaatan kumpulan cerita
pendek Gimbal-gimbal Cantik karya Laksita Judith Tabina, dkk. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode deskriptif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. Data dianalisis dengan
menggunakan teknik analisis data deskriptif interpretatif. Kumpulan cerpen ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai
media pembelajaran agar mata pelajaran Bahasa Indonesia SD khususnya kelas V dan VI menggunakan media
pembelajaran yang bervariasi dan tidak hanya mengacu pada buku paket. Kumpulan cerpen ini cocok bila digunakan di
SD kelas V dan VI karena selain bahasanya yang komunikatif kumpulan cerpen ini dapat memotifasi siswa untuk berkarya
seperti pengarang kumpulan cerpen tersebut karena pengarangnya juga anak SD. | en_US |
dc.publisher | UNEJ | en_US |
dc.relation.ispartofseries | ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA; | |
dc.subject | Kajian unsur intrinsik | en_US |
dc.subject | cerpen | en_US |
dc.subject | pembelajaran Bahasa Indonesia SD | en_US |
dc.subject | kelas V dan VI | en_US |
dc.title | Kajian Unsur Intrinsik dalam Kumpulan Cerpen “Gimbal-gimbal Cantik” Karya Laksita Judith Tabina dkk. dan Pemanfaatannya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Kelas V dan VI | en_US |
dc.type | Article | en_US |