MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH DENGAN PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS V SDN MANGLI 01 JEMBER SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Pengambilan data dilaksanakan pada tanggal 24 Mei 2011 pada siklus I, pada
siklus I ini aktivitas siswa secara keseluruhan dapat dikatakan aktif dengan hasil yang
diperoleh 55,78%, sedangkan hasil belajar siswa yaitu 82,5%, dari 40 siswa kelas V
33 siswa yang tuntas dan 7 siswa yang tidak tuntas, sedangkan pada siklus II aktivitas
siswa mengalami peningkatan yaitu 59,06%, hasil belajar siswa juga mengalami
peningkatan yaitu 87,5% dari 40 siswa yang tuntas sebanyak 35 siswa dan yang tidak
tuntas 5 siswa.
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation pokok bahasan
perjuangan melawan penjajah dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar
pada siklus I sudah memenuhi Standar Ketuntasan Minimal, sedangkan pada siklus II
aktivitas dan hasil belajar siswa kembali mengalami peningkatan. Pelaksanaan siklus
II ini merupakan siklus pemantapan karena pada siklus I sudah tuntas, maka siklus II
dilakukan sebagai pemantapan.