dc.description.abstract | Bahasa merupakan alat untuk berinteraksi atau berkomunikasi yang digunakan setiap manusia agar dapat berinteraksi
sosial dengan manusia lainnya. Komunikasi melalui bahasa dapat berupa bahasa lisan maupun bahasa tulis. Penelitian ini
mendeskripsikan pemilihan kata pada bahasa tulis, yaitu karangan narasi siswa. Siswa diberi tugas menulis sebuah
karangan narasi bertema pengalaman siswa kemudian dianalisis berdasarkan beberapa aspek yang meliputi penggunaan
kata bersinonim, kata denotatif/konotatif, kata umum/khusus, kata baku/nonbaku, kata ciptaan sendiri, serta keserasian
kata. Penelitian ini ditujukan pada siswa kelas 5 SDN 08 Tegalharjo yang terdiri dari 23 siswa. Penelitian dilakukan
dengan wawancara, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis kualitatif. Hasil analisis data
menunjukkan bahwa sebagian besar siswa masih melakukan kesalahan dalam memilih dan menggunakan kata yang tepat.
Kesalahan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yaitu interferensi bahasa ibu (B1) terhadap bahasa kedua (B2),
lingkungan tepat tinggal siswa, kompetensi bahasa Indonesia siswa yang rendah, sikap siswa yang kurang peduli akan
penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, serta rendahnya minat baca siswa | en_US |