IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN APPLIED BEHAVIOR ANALYSIS (LOVAAS) PADA ANAK AUTIS DI SENTRA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) CAHAYA NURANI JEMBER
View/ Open
Date
2013Author
Imadul Ummah, Mahdiah
Hendrawijaya, A.T
Tri Indrianti, Deditiani
Metadata
Show full item recordAbstract
Pembelajaran anak berkebutuhan khusus sangat berbeda dengan anak normal pada umumnya sehingga terdapat perbedaan
dalam proses pembelajarannya, salah satunya adalah perbedaan metode. Sentra Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)
Cahaya Nurani Jember menerapkan metode Applied Behavior Analysis dalam proses pembelajarannya. Sehingga
menimbulkan pertanyaan bagaimanakah implementasi dan tingkat keberhasilan metode Applied Behavior Analysis pada
anak autis. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan mengetahui tingkat keberhasilan implementasi metode Applied
Behavior Analysis (Lovaas) pada anak autis ringan dan autis sedang di Sentra Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Cahaya
Nurani Jember. Penelitian ini menggunakan metode gabungan atau mixed methods. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penerapan metode pembelajaran Applied Behavior Analysis (Lovaas) memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi pada anak
autisdi Sentra Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Cahaya Nurani Jember. Selain itu Metode Applied Behavior Analysis
(Lovaas) dalam proses implementasinya sangat terstruktur, kurikulumnya jelas disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat
keparahan anak.
Collections
- SRA-Education [1352]