Hubungan Minat Peserta Didik Dalam Mengikuti Pendidikan Non-Formal Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik Dalam Bidang Studi Fiqih di Kelas VIII Pondok Pesantren Asy-Syarif Desa Ajung Kabupaten Jember Tahun 2012/2013
View/ Open
Date
2014Author
Maulidi A, Ahmad
Hendrawijaya, A.T
Yuliati, Nanik
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini membahas tentang hubungan minat peserta didik dalam mengikuti pendidikan Non-Formal dengan
prestasi belajar peserta didik dalam bidang studi fiqih di kelas viii pondok pesantren asy-syarif Desa Ajung
Kabupaten Jember Tahun 2012/2013. Adapun yang menjadi permasalahan adalah Adakah hubungan minat
peserta didik dalam mengikuti pendidikan non-formal dengan prestasi belajar peserta didik dalam bidang studi
fiqih kelas VIII Pondok Pesantren Asy-syarif, sedangkan tujuan dilakukan penelitian ini adalah Untuk mengetahui
hubungan minat peserta didik dalam mengikuti pendidikan non-formal dengan prestasi belajar peserta didik dalam
bidang studi fiqih kelas VIII Pondok Pesantren Asy-syarif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif
kuantitatif. Data pokok diperoleh dari 40 orang peserta didik sebagai sampel serta dokumentasi dan perpustakaan.
Adapun langkah pengolahan data yaitu dengan melakukan editing, coding, scoring, dan tabulating. Analisis data
dihitung dengan menggunakan rumus product moment adalah untuk mengetahui ketepatan indikator atau tolak
ukur. Hasil dari penelitian yang dilakukan setelah membandingkan nilai rxy dengan r tabel ternyata tidak terdapat
korelasi antara minat mengikuti kegiatan non-formal dengan prestasi belajar peserta didik dalam bidang studi Fiqih
yaitu korelasi yang tidak signifikan.
Collections
- SRA-Education [1352]