Show simple item record

dc.contributor.authorMINUK ANGGRAENI
dc.date.accessioned2013-12-09T02:05:45Z
dc.date.available2013-12-09T02:05:45Z
dc.date.issued2013-12-09
dc.identifier.nimNIM080210274047
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6381
dc.description.abstractPembelajaran IPA tentang gaya di kelas IV SDN Rambigundam 01 Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember kurang maksimal. Siswa pada pembelajaran IPA ini kurang terlibat dalam pembelajaran. Pembelajaran IPA di kelas berpusat ke guru. Hasil belajar siswa rendah dan prosentase ketuntasan klasikal tidak tuntas dengan porsentase hanya sebesar 27.3%. . Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk mengetahui : (1) Mendeskripsikan penerapan metode eksperimen dengan media kokami dalam meningkatkan hasil belajar IPA tentang gaya mempengaruhi bentuk benda pada siswa kelas IV SDN Rambigundam 01 Rambipuji – Jember tahun ajaran 2010- 2011. (2) Mendeskripsikan penerapan metode eksperimen dengan media kokami dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA tentang gaya mempengaruhi bentuk benda pada siswa kelas IV SDN Rambigundam 01 Rambipuji – Jember tahun ajaran 2010-2011. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Rambigundam 01 Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember kelas IV yang terdiri dari 42 orang siswa. Pembelajaran dikelas menggunakan teknik pembagian kelompok. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus dilakukan sebanyak 1 pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan deskripsi kuantitatif. Pengambilan data dimulai pada tanggal 9 Maret 2011. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh observer dengan menggunakan lembar observasi menunjukkan peningakatan aktivitas guru dan siswa. Hasil Tes Esai berdasarkan penelitian menunjukkan peningkatan portsentase ketuntasan klasikal pada setiap siklusnya. Siklus I porsentase klasikal sebesar 69,05% dan Siklus II porsentase ketuntasan klasikal sebesar 85,71%. Hasil tes kinerja yang mengukur tingkat aktivitas belajar siswa menunjukkan peningkatan pula. Siklus I aktivitas belajar siswa berada pada kategori cukup aktif dan pada siklus II berada pada kategori aktif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan hasil belajar dan aktiviras belajar pada materi gaya melalui penerapan metode eksperimen.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210274047;
dc.subjectHasil Belajar, Eksperimen, Kokamien_US
dc.titlePENERAPAN METODE EKSPERIMEN DENGAN MEDIA KOKAMI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG GAYA MEMPENGARUHI BENTUK BENDA PADA SISWA KELAS IV SDN RAMBIGUNDAM 01 RAMBIPUJI - JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record