Penerapan Pembelajaran Model Talking Stickuntuk Meningkatkan
View/ Open
Date
2014Author
Rikho Baskori
Rahayu
Chumi Zahroul Fitriyah
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Tegalsari 01 Ambulu Jember dengan tujuan untuk m enerapkan model
pembelajaran Talking Stickagar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS pokok
bahasan menghargai jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan di SDN Tegalsari 01 Ambulu
Jember. Hal ini dikarenakan di SDN Tegalsari 01 Ambulu Jember terdapat permasalahan bahwa aktivitas dan hasil
belajar siswa masih rendah dalam mengikuti pembelajaran IPS, seperti; kurang memperhatikan guru ketika menjelaskan
materi, masih banyak siswa yang berbicara sendiri ketika pembelajaran berlangsung, bergurau dengan teman sehingga
kondisi kelas menjadi ramai dan kurangnya variasi dalam pembelajaran membuat siswa cepat merasa bosan . Jenis
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Siklus I terdiri dari dua pertemuan dan
siklus II terdiri dari satu pertemuan dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan
refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah 23 siswa yang terdiri dari 13 siswa perempuan dan 10
siswa laki-laki. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil
penelitian menunjukkan, skor rata-rata aktivitas belajar siswa siklus I sebesar 61,11 (kategori aktif), mengalami
peningkatan pada siklus II menjadi 83,1 (kategori sangat aktif). Skor rata-rata hasil belajar siswa juga mengalami
peningkatan, pada siklus I sebesar 65 (kategori cukup baik), meningkat pada siklus II menjadi78,47 (kategori baik)
Collections
- SRA-Education [1352]