• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Pembelajaran Model Talking Stickuntuk Meningkatkan

    Thumbnail
    View/Open
    RIKHO BASKORI.pdf (283.2Kb)
    Date
    2014
    Author
    Rikho Baskori
    Rahayu
    Chumi Zahroul Fitriyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Tegalsari 01 Ambulu Jember dengan tujuan untuk m enerapkan model pembelajaran Talking Stickagar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS pokok bahasan menghargai jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan di SDN Tegalsari 01 Ambulu Jember. Hal ini dikarenakan di SDN Tegalsari 01 Ambulu Jember terdapat permasalahan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah dalam mengikuti pembelajaran IPS, seperti; kurang memperhatikan guru ketika menjelaskan materi, masih banyak siswa yang berbicara sendiri ketika pembelajaran berlangsung, bergurau dengan teman sehingga kondisi kelas menjadi ramai dan kurangnya variasi dalam pembelajaran membuat siswa cepat merasa bosan . Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Siklus I terdiri dari dua pertemuan dan siklus II terdiri dari satu pertemuan dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah 23 siswa yang terdiri dari 13 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan, skor rata-rata aktivitas belajar siswa siklus I sebesar 61,11 (kategori aktif), mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 83,1 (kategori sangat aktif). Skor rata-rata hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 65 (kategori cukup baik), meningkat pada siklus II menjadi78,47 (kategori baik)
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63805
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository