MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARYA ILMIAH DENGAN METODE SAVI PADA SISWA KELAS XI
View/ Open
Date
2014Author
Rezaldi Arie Subekti
Rusdhianti Wuryaningrum
Anita Widjajanti
Metadata
Show full item recordAbstract
Keterampilan menulis makalah ilmiah merupakan keterampilan yang harus dikuasai siswa SMA. Akan tetapi, yang ada di SMA Negeri 2 Genteng Kabupaten Banyuwangi keterampilan menulis makalah ilmiah pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Genteng Banyuwangi tahun 2013/2014 terendah dibandingkan kelas lainya. Siswa mengalami kesulitan dalam menentukan tema, sistematika, tanda baca, kata baku dan kalimat efektif. Hal tersebut ditunjukkan dari rendahnya siswa yang tuntas dalam pembelajaran materi dalam menulis makalah ilmiah kelas XI IPA 1, yakni 9 orang nilainya di atas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum), sisa 21 orang tidak tuntas. Untuk meningkatkan materi makalah ilmiah, maka perlu adanya tindakan dengan metode SAVI. Metode SAVI adalah pembelajaran yang menggabungkan gerakan fisik dengan aktivitas intelektual dan penggunaan semua indra dapat berpengaruh besar pada pembelajaran. Penerapan metode SAVI digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis makalah ilmiah kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Genteng. Desain penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri atas dua siklus dimulai dari identifikasi masalah, perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, perencanaan ulang, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode yang digunakan untuk memperoleh data ialah melalui wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II, yaitu sebesar 53,3% atau sebanyak 16 siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 80% atau sebanyak 24 siswa pada siklus II. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan metode SAVI dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis makalah ilmiah pada kelas XI IPA 1.
Collections
- SRA-Education [1352]