Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil
View/ Open
Date
2015Author
Nimas Ayu Mustikawati
Susanto
Nurcholif Diah Sri Lestari
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif dengan metode TAPPS, mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII B SMPN 11 Jember Tahun Ajaran 2014/2015 pada sub pokok bahasan Operasi Himpunan. Dalam penelitian ini menggunakan dua siklus pembelajaran dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, wawancara, observasi dan tes. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII B dengan jumlah 38 siswa. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah persentase aktivitas guru pada siklus I sebesar 89,38% sedangkan pada siklus II aktivitas guru mencapai persentase sebesar 95,45%. Persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 70,78% dan pada siklus II sebesar 81,54%. Sedangkan dan persentase hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 70,27 % dan pada siklus II sebesar 78,37%.
Collections
- SRA-Education [1352]