• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick dengan Media Video untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PKn Pokok Bahasan Globalisasi di Kelas IV SDN Tugusari 04 Jember

    No Thumbnail [100%x80]
    View/Open
    RATIH AYU WULANDARI.pdf (345.6Kb)
    Date
    2015
    Author
    Ratih Ayu Wulandari
    Yayuk Mardiati
    Muhtadi Irvan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) sebagai salah satu ilmu dasar di sekolah yang mempunyai peranan penting dalam rangka upaya mencetak generasi bangsa yang mempunyai budi pekerti dan kepribadian yang unggul sebagai warga negara Indonesia. Akan tetapi, sering kali PKn dianggap sebagai pelajaran yang kurang penting, bahkan sebagian anak mengacuhkannya. Hal ini dikarenakan masih adanya guru yang hanya menggunakan metode ceramah saat pembelajaran, sehingga dapat menyebabkan siswa merasa bosan dan jenuh. Akibatnya materi yang diberikan oleh guru kurang maksimal diterima oleh siswa, sehingga siswa kurang menguasai materi yang dipelajari pada pelajaran PKn. Oleh karena itu dilakukan penelitian tindakan kelas dengan siswa kelas IV sebagai subjek penelitiannya. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran PKn melalui penerapan model pembelajaran talking stick dan media video. Skor aktivitas siswa secara klasikal sebesar 67% dan pada siklus II meningkat menjadi 75,83% dengan kategori aktif. Skor rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 69,16 dan pada siklus II meningkat menjadi 74,56 dengan kategori baik. Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran talking stick dan media video dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tugusari 04 Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63759
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    NoThumbnail