dc.description.abstract | Hasil observasi yang dilakukan diperoleh data bahwa minat dan hasil belajar siswa kelas IV B MI Muhammadiyah Sidorejo masih rendah. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan menerapkan metode eksperimen untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas IV B mata pelajaran IPA materi energi panas dan bunyi di MI Muhammadiyah Sidorejo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model skema Hopkins yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV B MI Muhammadiyah Sidorejo dengan jumlah 15 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data bahwa persentase minat belajar siswa siklus I sebesar 59,58% (kategori cukup), pada siklus II sebesar 70,25% (kategori tinggi). Minat belajar siswa dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 10,67%. Skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 71,13, pada siklus II skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 77,93. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 6,7 dari siklus I ke siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan minat dan hasil belajar IPA materi energi panas dan bunyi pada siswa kelas IV B MI Muhammadiyah Sidorejo. | en_US |