dc.description.abstract | Penguasaan kosakata menentukan kualitas berbahasa seseorang. Penguasaan kosakata yang tidak memadai, akan
menyulitkan seseorang untuk melakukan komunikasi secara baik sebagai wujud interaksi sosial. Hal tersebut menunjukkan
bahwa keterampilan berbahasa seseorang tergantung pada kualitas dan kuantitas kosakata yang dimilikinya. Kajian
tentang penguasaan kosakata bahasa Indonesia dinilai cukup penting untuk dilakukan. Kajian ini berkaitan dengan peran
kosakata sebagai salah satu aspek kebahasaan yang mendukung kualitas keterampilan berbahasa siswa. Salah satu kajian
tentang kosakata bahasa Indonesia yang perlu dilakukan yaitu melihat hubungan bahasa ibu dengan penguasaan kosakata
bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP Negeri 1 Besuki. Jenis penelitian menggunakan inferensial kuantitatif.
Pengumpulan data dengan teknik wawancara, angket, dokumentasi, dan tes. Jumlah subjek yang diteliti dalam penelitian
ini yaitu 40 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Besuki. Penguasaan kosakata bahasa Indonesia siswa dapat diketahui dari hasil
skor tes Cloze berjudul “Wisata Alam Pasir Putih”, sedangkan hubungan bahasa ibu dengan penguasaan kosakata bahasa
Indonesia siswa dapat dikethaui dari hasil penghitungan correlation produck moment, koefisien determinasi dan
persamaan regresi sederhana. Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan bahasa ibu dengan
penguasaan kosakata bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP Negeri 1 Besuki. | en_US |