dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumbersari 01 Jember dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV-A melalui penerapan teknik Peer Correction . Hal ini dikarenakan di SDN Sumbersari 01 Jember terdapat permasalahan bahwa kemampuan menulis karangan siswa masih rendah, salah satunya diakibatkan karena kurang bervariasinya teknik pembelajaran dari guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 37 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Pelaksanaan penelitian dengan menerapkan Teknik peer correction ini adalah sebanyak dua siklus. Siklus 1 terdiri atas satu pertemuan dan siklus 2 terdiri atas satu pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis karangan siswa kelas IV-A SDN Sumbersari 01 Jember mengalami peningkatan. Pada siklus 1, persentase kemampuan menulis karangan narasi siswa sebesar 54% mengalami peningkatan sebesar 32% menjadi 86% pada siklus 2. Berdasarkan data di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapaan teknik peer correction dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas IV-A SDN Sumbersari 01 Jember Tahun Pelajaran 2013/2014. | en_US |