Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar dengan Metode Eksperimen pada Pelajaran IPA Pokok Bahasan Energi Panas, Gerak, Getaran Dalam Kehidupan Sehari-hari Siswa kelas III SDN Tegalsari 01 Ambulu Jember Tahun 2013/2014
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tegalsari 1 Ambulu Jember dengan tujuan mendeskripsikan penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi panas, gerak dan getaran. Permasalahan yang menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini adalah pembelajaran masih berpusat pada guru dan guru mengajar masih menggunakan cara konvensional. Pada saat pembelajaran siswa terlihat kurang aktif, siswa mendengarkan penjelasan guru dan mengerjakan tugas-tugas. Guru menjadi satu-satunya penggerak dalam proses pembelajaran di dalam kelas, sehingga mengakibatkan rendahnya aktivitas belajar siswa. Aktivitas belajar siswa yang rendah mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi panas dan bunyi. Oleh karena itu, diterapkan metode eksperimen pada pembelajaran IPA yang membuat siswa lebih aktif dalam berfikir, berbuat serta menyelesaikan masalah secara ilmiah. Siswa yang mengalami pembelajaran secara langsung dapat membuat pemahaman siswa terhadap pembelajaran IPA lebih lama mengendap dalam ingatan siswa. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Hopkins yang terdiri dari dua siklus, penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Collections
- SRA-Education [1352]