Penerapan Pembelajaran Aktif Team Quiz Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis
Abstract
Pembelajaran sejarah di sekolah terkesan membosankan dan tidak menarik. Berdasarkan hasil obsevasi proses pembelajaran sejarah di kelas peserta didik bukan hanya menguasai materi, tetapi diharapkan aktif dan mampu berpikir kritis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar sejarah dengan menerapkan pembelajaran aktif team quiz pada peserta didik kelas XI IPS 1 SMAN 5 Jember. Pelaksanaan penelitian dimulai dari bulan Mei sampai bulan Juni 2014. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 1 SMAN 5 Jember dengan jumlah 35 peserta didik. Indikator yang diteliti dalam penelitian ini adalah berpikir kritis dan hasil belajar sejarah peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dan hasil belajar sejarah. Pada siklus 1 persentase kemampuan berpikir kritis peserta didik secara klasikal 52,29% pada siklus 2 persentase klasikal sebesar 63% meningkat 20,49% dan siklus 3 sebesart 75,57% meningkat 15,19%. Pada siklus 1 hasil belajar kognitif 74 pada siklus 2 79 meningkat 6,59% dan siklus 3 81,6 meningkat 3,36%. Pada siklus 1 hasil belajar pada aspek psikomotor secara klasikal memperoleh persentase 55,5% siklus 2 sebesar 67,14% meningkat 17,37% dan siklus 3 15,6% meningkat 15,6%.Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran aktif team quiz dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar sejarah peserta kelas X 3 SMAN 1 Bangorejo.
Collections
- SRA-Education [1352]