Pengaruh Perbedaan Metode Eksperimen Berbasis Inkuiri dan Eksperimen Berbasis Verifikasi dalam Praktikum Terhadap
View/
Date
2014Author
IIS, Nur Aisyah,
Puput Dewi Lestari,
Wachju Subchan
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini  merupakan  penelitian  kuasi eksperimen. Subjek  penelitian adalah  siswa  kelas VIII   SMP  Negeri  1  Singojuruh, Banyuwangi. Objek  penelitian ini adalah  perbedaan  pengaruh metode eksperimen berbasis inkuiri dan eksperimen berbasis verifikasi, sub  pokok  bahasan struktur dan fungsi tubuh tumbuhan,  dan  penilaian  pembelajaran  meliputi:  tingkat keaktifan siswa, efektivitas penggunaan metode,  dan hasil belajar siswa.  Penelitian dilakukan  pada  bulan  Februari  sampai  dengan  Maret 2014.  Pengumpulan  data melalui angket, observasi dan wawancara. Data dianalisa secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penggunaan metode eksperimen verifikasi lebih efektif dalam meningkatkan keaktifan siswa dibandingkan dengan kelas eksperimen yang menggunakan metode eksperimen inkuiri. Penggunaan Metode eksperimen verifikasi lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan peningkatan rerata 48,09 dari skor 27,15 meningkat menjadi 75,24. Sedangkan pada Metode eksperimen inkuiri terjadi peningkatan rerata 41,64 dari skor 37,30 meningkat menjadi 78,94. Ada hubungan keaktifan belajar dengan hasil belajar biologi siswa kelas VIII tahun ajaran 2013/2014 SMPN 1 Singojuruh Kabupaten Banyuwangi dengan nilai korelasi sebesar 0,267.
Collections
- SRA-Education [1352]
