dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Kaliwining 06 Jember dengan tujuan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples agar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi di SDN Kaliwining 06 Jember. Hal ini dikarenakan aktivitas belajar siswa kurang aktif dan hasil belajar siswa cukup baik pada mata pelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus selama 3 kali pertemuan, dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah 21 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, skor aktivitas belajar siswa siklus I 75,5 (kategori aktif), mengalami peningkatan 12,5 pada siklus II menjadi 88 (kategori sangat aktif). Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 71 (kategori baik) dan pada siklus II sebesar 80 (kategori sangat baik). | en_US |