Pengunaan Media Cerita Rakyat Untuk Menanamkan Nilai dan Sikap Pada Siswa Kelas IV-E Dalam Pembelajaran Tematik Tema Tempat Tinggalku di SDN Jember Lor 01 Jember
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV-E SDN Jember Lor 01 Jember dengan tujuan untuk memaparkan proses penggunaan media cerita rakyat untuk menanamkan nilai dan sikap, serta perubahan perilaku yang terjadi setelah ditanamkannya nilai dan sikap pada siswa kelas IV-E dalam pembelajaran tematik tema tempat tinggalku di SDN Jember Lor 01 Jember. Hal ini dikarenakan sebanyak 13 orang siswa kelas IV-E di SDN Jember Lor 01 memiliki catatan khusus dari guru kelas dalam hal sikap, sedangkan 23 orang siswa lainnya belum membudaya dalam hal sikap, serta pentingnya menanamkan nilai dan sikap secara berkelanjutan dan terus menerus pada siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif (studi perkembangan) dengan subjek penelitian terdiri atas 36 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Pelaksanaan penelitian dengan menggunakan media cerita rakyat untuk menanamkan nilai dan sikap dilaksanakan selama 9 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melaksanakan setiap proses penanaman nilai dan sikap secara maksimal, yaitu dengan memberikan informasi verbal, memberikan teladan, dan memberikan penguatan. Selain itu, sikap siswa telah mulai berkembang dan membudaya setelah nilai ditanamkan, sedangkan sikap siswa menunjukkan peningkatan setelah sikap ditanamkan. Siswa telah menerapkan sikap toleransi dengan persentase ketercapaian 82%, sikap kerja sama dengan ketercapaian 93%, sikap cinta lingkungan dengan ketercapaian 81%, dan sikap menghargai dengan ketercapaian 84%. Berdasarkan data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media cerita rakyat dapat diterapkan sebagai salah satu inovasi untuk menanamkan nilai dan sikap pada siswa kelas IV-E dalam pembelajaran tematik tema tempat tinggalku di SDN Jember Lor 01 Jember.
Collections
- SRA-Education [1352]