dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi kunci determinasi berbasis android, mengetahui hasil pengembangan aplikasi kunci determinasi berbasis android berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X di SMA/MA. Terdapat dua jenis penelitian, yaitu penelitian pengembangan dan quasi eksperimen. Penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan terdiri 4 tahap utama yaitu define, design, develop, dan disseminate. Penelitian quasi eksperimen menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Subjek penelitian dipilih secara random yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Parameter penelitian yaitu validasi ahli dan uji keterbacaan siswa terhadap aplikasi kunci determinasi berbasis android, angket motivasi yaitu angket ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) dan hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data yaitu menggunakan metode dokumentasi, validasi ahli, angket, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan aplikasi kunci determinasi berbasis android dapat mempengaruhi motivasi dan hasil belajar siswa kelas X IPA 4 di MAN 2 Jember | en_US |