Show simple item record

dc.contributor.authorNurvina Mawaddah
dc.contributor.authorArju Muti’ah
dc.contributor.authorRusdhianti Wuryaningrum
dc.date.accessioned2015-10-01T02:20:32Z
dc.date.available2015-10-01T02:20:32Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63717
dc.description.abstractKemampuan menulis laporan merupakan kemampuan yang perlu diajarkan kepada siswa. Kenyataan yang ada di SMPN 1 Puger Kabupaten Jember berdasarkan data nilai Bahasa Indonesia tahun ajaran 2012-2013, nilai menulis laporan siswa masih rendah. Rata-rata kelas VIIIA yaitu 40,10. Hal itu ditunjukkan dari laporannya yang masih tidak lengkap, tidak menggunakan fakta-fakta yang dapat dipercaya, dan tidak menggunakan ejaan yang benar. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dipilih metode diskusi berbasis pembelajaran kontekstual. Penerapan metode diskusi berbasis pembelajaran kontekstual digunakan untuk meningkatkan nilai menulis laporan siswa kelas VIIIA SMPN 1 Puger. Desain penelitian yang digunakan adalah PTK yang terdiri atas dua siklus dimulai dari pengamatan awal, perencanaan, aksi, observasi, refleksi, perencanaan ulang, aksi, observasi, dan refleksi. Metode yang digunakan untuk memperoleh data yaitu observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai siswa. Nilai rata-rata siswa pada prasiklus yaitu 40,10 meningkat pada siklus I menjadi 69,05. Pada siklus II meningkat menjadi 73,27. Pada prasiklus tidak terdapat siswa yang memenuhi KKM meningkat pada siklus I menjadi 18 siswa yang memenuhi KKM. Pada siklus II meningkat menjadi terdapat 24 siswa yang memenuhi KKM. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan metode diskusi berbasis pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan menulis laporan siswa.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectpenerapan metode diskusi berbasis pembelajaran kontekstualen_US
dc.subjectpeningkatan kemampuan menulis laporanen_US
dc.titleMENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN MELALUIen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record