Inventarisasi Kompetensi Guru Biologi di MTs Swasta Se-Kecamatan
Abstract
Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan kompetensi guru biologi di MTs Swasta Se-Kecamatan
Jenggawah dan Hubungannya dengan Hasil Belajar Siswa. Ini adalah penelitian deskriptif dengan metode survai dan
analisis  korelasi.  Sampel  menggunakan  sampel  jenuh  atau  total  sampling.  Pengumpulan  d ata   pada  penelitian  ini
menggunakan data kuesioner, observasi, wawancara, and dokumentasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa kompetensi
guru biologi di MTs Se-Kecamatan Jenggawah Jember memiliki frekuensi kompetensi pegadagogik (77%), kompetensi
pribadi (87,5%), Kompetensi sosial (83%) yang dikategorikan baik, dimana kompetensi profesional (64,25%) memiliki
kategori cukup baik. Hasil korelasi antara kompetensi pedagogik terhadap hasil belajar siswa memiliki koefisien (r) 0,294,
hasil korelasi antara kompetensi pribadi terhadap hasil belajar siswa memiliki koefisien (r) 0,279, hasil korelasi antara
kompetensi  sosial   terhadap  hasil  belajar  siswa  memiliki  koefisien  (r)  0,391,  dan  hasil  korelasi  antara  kompetensi
profesional terhadap hasil belajar siswa memiliki koefisien (r) of 0,350. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kompetensi
guru (pedagogik, pribadi, sosial and profesional) memiliki korelasi cukup terhadap hasil belajar siswa
Collections
- SRA-Education [1352]
