dc.description.abstract | Group to Group Exchange dengan Concept Map adalah strategi pembelajaran yang mengajak siswa untuk mengali,
menemukan, memahami dan mendeskripsikan suatu pengetahuan/konsep dengan menggunakan gagasan kreatif siswa.
Tujuan Penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa dan hasil belajar biologi pada kelas XI
IPA 3 Sekolah Menengah Negeri 1 Jenggawah Jember. Indikator keterampilan berpikir kreatif ada 4 yaitu kefasihan,
keluwesan, orisinalitas dan penjabaran. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pada aspek kefasihan 13,51%,
keluwesan 18,25%, orisinalitas 27,03%, dan penjabaran 20,95%, adapun hasil belajar kognitif siswa meningkat sebesar
11,6, hasil belajar afektif meningkat sebesar 9,68 dan ketuntasan hasil belajar 35,13%. Kesimpulan dari penelitian ini,
penerapan strategi pembelajaran Group-to-Group Exchange dengan Concept Map dapat meningkatkan keterampilan
berpikir kreatif dan hasil belajar siswa, | en_US |