dc.description.abstract | Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Antirogo 04 Jember dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Berdasarkan hasil wawancara dan observasi prasiklus terdapat permasalahan bahwa aktivitas dan dan hasil belajar siswa masih termasuk kategori cukup, yang salah satunya dikarenakan siswa berkemampuan sedang dan rendah tidak mendapat kesempatan untuk bertanya dan menjawab. kurangnya kesempatan bertanya dan menjawab. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian sejumlah 32 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 12 sswa perempuan. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) ini adalah sebanyak dua siklus. Siklus I dan siklus II terdiri atas dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal pada mata pelajaran IPS meningkat yaitu sebelum tindakan sebesar 45,8% (cukup aktif) meningkat sebesar 21% sehingga menjadi 66,8% (aktif) pada siklus I, dan siklus II meningkat sebesar 8,2% sehingga mencapai 75% (aktif). Dan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebelum tindakan sebesar 66,4 (cukup baik) meningkat 2,5 sehingga menjadi 68,9 (cukup baik) pada siklus I dan siklus II meningkat sebesar 9,4 sehingga mencapai 78,3% (baik). Berdasarkan data di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Antirogo 04. | en_US |