dc.description.abstract | Penelitian ini dilatar belakangi oleh aktivitas yang cukup aktif dan hasil belajar siswa yang cukup/sedang pada kelas IV SDN Jatisari 01 Jember pokok bahasan globalisasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model Quantum Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran PKn pokok bahasan globalisasi pada kelas IV SDN Jatisari 01 Jember. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah penerapan model Quantum Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran PKn pokok bahasan globalisasi pada kelas IV SDN Jatisari 01 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di SDN Jatisari 01 Jember. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Jatisari 01 Jember yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa melalui penerapan model Quantum Learning skor rata-rata aktivitas belajar siswa secara klasikal meningkat dari 54,5 pada prasiklus menjadi 70,83 pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 82,14. Demikian juga dengan skor rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal meningkat pada tahap prasiklus yaitu dengan nilai rata-rata 61,86 menjadi 72,71 pada tahap siklus I. Pada tahap siklus II nilai rata-rata secara klasikal hasil belajar siswa yaitu 81,53. | en_US |